Lakukan Silaturahmi Pasca Menikah, Dapatkan 4 Keberkahan Ini


Assalamu'alaikum,

Setiap kali menghadiri walimatul 'ursy, rasanya kok ikut terharu. Jadi ingat bertahun lalu ketika akhirnya sah menjadi istri dari seseorang. 😚Lalu jadi ingat proses yang kami lalui sebelum dan sesudah menikah. Salah satunya adalah bersilaturahmi kepada kerabat yang lebih tua.

Dulu, ketika selesai upacara pernikahan, orang tua akan menyuruh kami untuk melakukan silaturahmi ke rumah kerabat-kerabat yang lebih tua. Baik kerabat dari pihak saya maupun pihak suami. Begitupun dengan saudara-saudara yang masih sepantaran usianya dengan saya. Mereka juga melakukannya. Silaturahmi kepada kerabat ini seakan menjadi wajib untuk dijalankan. 

Namun sepertinya, beberapa waktu terakhir ini, tradisi baik ini seakan luntur. Entah karena orang tua yang tidak lagi mendorong pengantin baru untuk melakukannya, atau alasan kesibukan, sehingga tidak sempat mengunjungi kerabat. Beberapa orang yang lebih muda yang saya kenal dan menikah baru-baru ini, sepertinya sudah tidak melakukan tradisi ini. Padahal sebenarnya tradisi silaturahmi pasca upacara pernikahan ini banyak sekali manfaatnya. Setidaknya ada 4 hal yang bisa kita dapatkan dengan melakukannya.

  • Mendapatkan Berkah Silaturahim
Diantara berkah silaturahim adalah: diluaskan rezekinya, dikenang kebaikannya, dipanjangkan umurnya, mendapatkan kematian yang husnul khotimah, kecintaan dalam keluarga, dan merupakan salah satu kunci masuk surga. 

Sebenarnya jika mau mencari, banyak hadis yang mengungkapkan tentang keutamaan silaturahmi, di antaranya adalah hadis Rasulullah dari Abu Hurairah RA:
"Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambung silaturahmi" (HR. Bukhori Muslim)

  • Lebih Mengenal Kerabat
Tidak bisa dipungkiri, di zaman modern ini, kesibukan sangat melenakan kita. Jika orang tua tidak berinisiatif, mungkin sebagian kita tidak mengenal kerabat sendiri. Atau kita tahu bahwa orang tersebut adalah kerabat, tetapi kita tidak mengenalnya dengan cukup baik. 

Momen silaturahmi pasca pernikahan ini bisa membuat kita mempererat atau menjalin kembali kekerabatan yang sempat terputus. Rasulullah SAW bersabda, "Rahim bergantung di arsy seraya berkata: 'Barangsiapa yang menyambung hubunganku, niscaya Allah SWT menyambungnya. Dan barangsiapa yang memutuskan aku, niscaya Allah SWT memutuskan hubungan dengannya." (HR. Bukhori Muslim)

  • Mendapatkan Do'a dari Banyak Orang
Kalau kita mau berkunjung ke rumah kerabat yang lebih tua, insya Allah do'a-do'a kebaikan akan terlantun dari bibir mereka. Apalagi yang lebih baik dari do'a-do'a yang tulus?

  • Mendapatkan Nasehat untuk Bekal Pernikahan
Sebagian anak muda mungkin menganggap para orang tua itu cerewet. Tetapi harus diakui orang tua itu sudah makan asam garam kehidupan lebih banyak dari kita. Jadi, pengalaman mereka pasti bisa menjadi cermin hidup kita. Sharing dari mereka, insya Allah bisa menjadi bekal kita dalam mengarungi pernikahan.

Di tengah kesibukan kita, tak ada salahnya menyempatkan waktu mengunjungi kerabat-kerabat kita. Sebenarnya bukan hanya untuk pengantin baru, sih. Pengantin lama juga sangat baik jika menyempatkan diri silaturahmi kepada yang lebih tua (kayak yang nulis rajin aja).πŸ˜€Insya Allah akan ada banyak keberkahan yang bisa kita dapatkan. Mungkin lebih banyak dari yang telah disebutkan di atas.

Wallahu a'lam

Wassalamu'alaikum
Ummi Nadliroh
Lakukan Silaturahmi Pasca Menikah, Dapatkan 4 Keberkahan Ini Lakukan Silaturahmi Pasca Menikah, Dapatkan 4 Keberkahan Ini Reviewed by Ummi Nadliroh on November 19, 2018 Rating: 5

30 comments:

  1. Assalamualaikum, slm knal Ummi. Bner sekali, silaturrahim banyak keberkahannya.

    ReplyDelete
  2. Masyaallah, tulisannya mengingatkan saya pada moment2 jadi pengantin baru. Kayaknya tradisi ini juga kudu tetep dijalani ya walaupun udah pengantin lama. ^^

    ReplyDelete
  3. setelah nikah sebetulnya saya nggak kepikiran buat jalan kemana-mana, tapi sama suami diajakin ketemu temen-temennya dia, tetangga, sama keluarganya dia. jadi banyak yang doain gitu. pas baca ini baru ngeh manfaatnya segini banyak

    ReplyDelete
  4. Saya setuju jaman sekarang kebiasaan datang ke rumah kerabat sehabis menikah sudah mulai hilang. Dulu saya diharuskan sama orang tua untuk datang ke rumah kerabat yang lebh tua. Sayang kalau tidak dihidupkan lagi katena banyak sekali manfaat silaturahmi

    ReplyDelete
  5. Betul sekali. Itu jg yg kami lakukan sejak keesokan hari setelah menikah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng pasti ketemu saudara dan mendapat banyak do'a. Sambil digodain juga biasanya. :D

      Delete
  6. Tepat sekali..kalau di tempat saya namanya motolongala'a. Mbak..
    Alhamdulillah masih ada tradisi speeri speeri itu..
    Ah jadi kangen masa masa pernikahan..hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bagus ya masih jalan tradisinya. Kalau di tempat saya, kalau nggak orang tua yang mendorong, sudah sangat jarang dilakukan. :(

      Delete
  7. Klo di daerah saya gitu mb,, biasanya klo udah nikah dateng k rumah krabat keluarga terdekat gitu πŸ˜€
    Alhamdulillah ketemu kolom komennya πŸ˜„πŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Makasih, Mbak. Kebiasaan yang baik memang sebaiknya tidak dihilangkan ya, Mbak.

      Delete
  8. Setuju banget, mbak! Bahkan melalui silaturahmi kadang rejeki datang tak terduga.

    ReplyDelete
  9. Kalau di tempatku namanya masari, datang je kerabat sambil bawa hantaran nasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bagus ya tradisinya masih jalan. Keren...

      Delete
  10. Masya Allah banget mbaaaa, aku jadi merasa nih. Pengantin baru yang tergerus kesibukan, belum sempat terus mengunjungi sanak saudara pasca walimatul ursy :'(

    ReplyDelete
  11. Tulisannya mengingatkan saya pada moment beberapa tahun saat masih pengantin baru, hal yang perlu diagendakan adalh bertemu sanak saudara, berkunjung, berharap kenal dengan saudara pihak suami dan tentunya diterima. Saat ini, setelah menjadi pengantin lama meski perlu silaturrahmi ke saudara agar hubungan tetap erat. Hahaha, sukses jadi rumah tangga sakinah ya mbak..aamiin

    ReplyDelete
  12. Kebiasaan baik itu memang semakin lama semakin tergerus. Padahal, banyak sekali manfaatnya, ya.

    ReplyDelete
  13. Sama, Mb
    Aku dulu juga disuruh gitu sama ortu
    Walau rada malu krn pasti diledek
    Xixixi
    Tp manfaatny bener bgt

    ReplyDelete
  14. betapa silahturahmi itu memang benar-benar membawa berkah dan memperpanjang rejeki

    ReplyDelete
  15. wah nasehat bagus buat saya mbak jika kelak nanti menikah :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar di blog saya. Mohon untuk memberi komentar dengan kata yang santun. Terima kasih. :)

Powered by Blogger.